Langkah-Langkah Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk

cara install windows 8
Tutorial cara install windows 8 dengan flashdisk berikut ini dibuat karena terinspirasi dengan menjamurnya para pengguna tablet, netbook, dan berangkat-perangkat lainnya yang tidak memiliki opticel drive. Karena bagi para pengguna tabelet, netbook, dan perangkat lainnya yang tidak memiliki optical drive, tentu menemui kendala dalam installasi windows jika mereka ingin menginstall windows 8 pada perangkat mereka tersebut. Oleh karena itu diperlukan alternatif lain sebagai solusi dari masalah ini, yaitu dengan menggunakan bantuan sebuah flashdisk. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan sebelum menggunkan bantuan flashdisk dalam melakukan instalasi OS di komputer Anda.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan:
1.Pertama-tama Anda harus mempersiapkan file instalasi windows 8 dalam bentuk ISO file. Jika Anda hanya memiliki CD atau DVD atau hanya file dari CD yang telah Anda copy ke hardisk Anda. Anda dapat mempelajari cara membuat ISO file di cara membuat file iso berikut.
2. Flashdisk kapasitas 4 GB atau lebih
3. Komputer yang bisa diakses guna memindahkan file installer ke flashdisk

Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk


Langkah pertama, bikin bootable flashdisk terlebih dahulu. Untuk membuat bootable flashdisk dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu denga menggunakan Windows 7 USB/DVD Tool dan dengan menggunakan UltraIso. Untuk membuat bootable flashdisk dengan menggunakan windows 7 usb/dvd tool, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Colok falshdisk Anda ke komputer.

2. Download terlebih dahulu Windows 7 USB/DVD Tool di sini.
Walaupun namanya windows 7 USB/DVD tool, namun juga bisa digunakan untuk windows 8.

3. Setelah selesai Anda download, lalu install, kemudian jalankan programnya.

4. Setelah programnya terbuka, sebagai langkah awal klik brows, lalu pilih file ISO windows 8 yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

5. Langkah selanjutnya klik Next.

6. Lalu pilih USB device pada perintah "Choose media type".

7. Langkah selanjutnya "Insert USB device" pilih lokasi flashdisk Anda. Lalu klik "begin copying".

8. Klik "Erase USB Device", untuk mengkosongkan isi flashdik Anda terlebih dahulu, jika jendela ini tidak muncul, berarti flashdisk Anda telah kosong.

9. Langkah terakhir, klik "Creating bootable USB device". Silahkan tunggu proses pengcopian filenya. Dan jika prosesnya telah selesai secara baik, maka akan muncul status "Backup completed".

10. Sekarang Anda bisa menutup program windows 7 USB/DVD tool nya, dan flashdisk Anda pun siap digunakan untuk installasi windows 8.

Tips:
Untuk memperlancar proses booting, saat menjalankan Windows 7 USB DVD Tool, format USB dalam format NTFS. Untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah kosongkan isi flashdisk, lalu memformat flaskdisk menggunakan sistem file FAT32.

Setelah, flashdisk telah dijadikan bootable windows 8, berikut langkah-langkah cara install windows 8 dengan flashdisk:

1.Colok flashdisk Anda pada perangkat yang akan Anda install dengan windows 8.

2. Jika proses set up nya tidak berjalan, setting terlebih dahulu perubahan urutan boot di BIOS, pilih USB drive di urutan pertama (penjelasan lengkapnya dapat Anda baca di cara setting BIOS untuk melakukan booting dari flashdisk). Lalu pilih "save and exit" dan restart komputer Anda untuk melanjutkan proses set up windows 8.

3. Setelah proses sturtup berjalan, klik “Install Now” guna memulai proses installasi.

4. Kemudian Anda akan diminta memasukkan product key dari Windows 8 yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Windows asli, silahkan masukkan product key yang terdapat di kemasan Windows 8 Anda. Atau jika Anda menggunakan Windows 8 versi trial, Anda dapat melewati proses ini, dan Anda dapat melakukan aktivasi nya setelah proses installasi selesai. Untuk cara aktivasinya dapat Anda baca di cara aktivasi windows 8.
 5. Pada jendela berikutnya, centang kotak “I accept the license terms” kemudian klik "Next".

6. Berikutnya pilih pilihan “Install Windows only”.

7. Selanjutnya pilih lokasi di mana Anda akan menginstall Windows 8.
- Jika Anda akan melakukan install ulang total, "delete" semua partisi yang ada, lalu bikin partisi baru dengan cara pilih pilihan "new" dan buat partisi satu-persatu sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas hard disk Anda. Lalu pilih partisi drive C dan klik "next"
- Jika Anda hanya akan menginstall ulang tanpa menghapus drive lainnya (selain drive C), pilih drive C nya (partisi paling atas) lalu klik "format". Setelah selesai diformat, klik lagi (pilih lagi) partisi drive C dan klik "next".
- Jika Anda ingin menginstall windows di komputer baru, bikin partisi nya terlebih dahulu. Caranya klik dive option, lalu buat partisi melalui pilihan "new". Lalu pilih partisi drive C dan klik "next"


Cat: Untuk partisi drive C usahakan kapasitasnya minimal 20% dari total kapasitas hard disk Anda, agar Anda dapat menginstall berbagai macam aplikasi di komputer Anda tanpa harus takut drive C Anda penuh.

8. Installasi akan segera berlangsung.

9. Setelah installasi selesai, maka sisem akan reboot secara otomatis, dan selanjutnya Anda akan diminta melakukan personalisasi komputer Anda. Dan lakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianla langkah-langkah cara install Windows 8 dengan flashdisk, semoga dapat menbantu.

Referensi: http://pcsupport.about.com/od/windows-8/a/install-windows-8-usb.html
Share on :
Copyright © 2013-2014. Kumpulan Tips Komputer/Support by Blogger