Langkah-Langkah Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

Cara Install Windows 7
Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk - Jika kita baru beli Netbook dan belum tersedia Operating System didalamnya, akan kesulitan ketika ingin menginstalnya, karena Netbook tidak punya CD/DVD Rom. Selain membeli external CD/DVD Rom, masih ada jalan lain / cara install windows 7 yang lainnya yang lebih murah, yakni install windows 7 dengan menggunakan Flash Disk. Untuk bisa melakukan hal ini, yang pertama kali harus anda lakukan adalah membuat Flash Disk Instalasi-nya.

Namun sebelum dijelaskan lebih lanjut cara install windows 7 dengan flashdisk pada artikel ini, ada dua hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum dapat melakukan installasi mengunaka flashdisk. Pertama ialah dengan membuat bootable flashdisk terlebih dahulu. Untuk cara lengkapnya dapat Anda baca di cara membuat bootable flashdisk Windows 7. Kedua, tentunya Anda membutuhkan file .iso dari installer windows agar dapat membuat bootable flashdisk (untuk cara membuat file ISO dapat Anda baca di cara membuat file ISO).

Catatan: Tutorial berikut berlaku untuk semua edisi Windows 7 (CD/DVD instalasi Windows 7 atau image ISO): Windows 7 Ultimate, Professional, Home Premium, dll

Persyaratan:

- File Windows 7 ISO atau Windows 7 DVD
- Flash Disk 4 GB (atau lebih besar)
- Akses ke komputer dan bekerja dengan baik

Jika semua persiapan di atas telah dipersiapkan, baru kita akan masuk ke pembahasan utama cara install windows 7 berikut ini:

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk


Proses Installasi
1. Nyalakan komputer Anda, atau jika Anda ingin melakukan install ulang langsung setelah proses pembuatan bootable flashdisk, restart komputer Anda (dan pastikan flashdisk Anda tercolok ke komputer Anda).

2. Masuk ke BIOS untuk setting terlebih dahulu perubahan urutan boot di BIOS, pilih USB drive di urutan pertama. Lalu restart komputer Anda untuk melanjutkan proses set up windows 7. Dan pastikan flashdisk Anda tetap tercolok hingga porses installasi selesai.

3. Saat komputer Anda mulai booting kembali akan muncul pengaturan awal berupa pengaturan bahasa dan lain-lain. Kemudian klik tombol "Next."

4. Kemudian pada tampilan berikutnya klik "install now."

5. Centang kolom "I accept the license terms" kemudian klik "Next."

6. Pilih "Custom (advanced)" atau pilih "Upgrade" jika Anda hanya ingin mengupgrade versi Windows Anda (tidak berlaku untuk XP ke 7)

7. Selanjutnya pilih lokasi di mana Anda akan menginstall Windows 7.
- Jika Anda akan melakukan install ulang total, "delete" semua partisi yang ada, lalu bikin partisi baru dengan cara pilih pilihan "new" dan buat partisi satu-persatu sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas hard disk Anda. Lalu pilih partisi drive C dan klik "next"
- Jika Anda hanya akan menginstall ulang tanpa menghapus drive lainnya (selain drive C), pilih drive C nya (partisi paling atas) lalu klik "format". Setelah selesai diformat, klik lagi (pilih lagi) partisi drive C dan klik "next".
- Jika Anda ingin menginstall windows di komputer baru, bikin partisi nya terlebih dahulu. Caranya klik dive option, lalu buat partisi melalui pilihan "new". Lalu pilih partisi drive C dan klik "next"

8. Proses installasi akan segera berlangsung (kurang lebih 30 menitan) tergantung dari komputer Anda masing-masing).

9. Setelah proses setup selesai, maka komputer Anda akan restart secara otomatis, dan kemudian akan melanjutkan ke proses setup berikutnya.


10. Kemudian setelah proses setup benar-benar telah selesai, komputer Anda akan restart kembali, dan ketika menyala kembali, Anda akan diminta untuk melakukan beberapa settingan. Untuk "product key" Anda dapat memasukkan "product key" yang telah Anda beli atau "product key" yang terdapat pada CD/DVD Windows yang Anda miliki (untuk Windows asli), sedangkan untuk Windows versi trial ataupun bajakan, Anda dapat langsung melewati proses ini dengan mencentang kotak "automatically active windows when i'm online" dan dapat melakukan aktvasi nantinya (cara aktivasinya dapat Anda baca di cara aktivasi Windows 7).

Penting untuk diperhatikan:
Pastikan flashdisk Anda tetap tercolok di komputer hingga proses installasi benar-benar telah selesai.
Share on :
Copyright © 2013-2014. Kumpulan Tips Komputer/Support by Blogger