Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer

Kadangkala flashdisk yang kita miliki tidak dapat terdeteksi atau terbaca di komputer, baik itu flashdisk yang masih baru maupun flahdisk yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Namun, walaupun flashdisk tidak terbaca di komputer tersebut bukan berarti flashdisk Anda telah rusak. Jika flashdisk Anda dapat terbaca di komputer lain, berarti tidak terdapat kerusakan fisik di flashdisk Anda, dan Anda dapat mengunakan cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di komputer Anda, namun dapat terbaca di komputer lainnya.

Cara Memperbaiki Flashdisk


1. Periksa status drive komputer anda (buka "My Computer").
2. Perhatikan bahwa tidak terdapat drive "E:" atau drive tambahan ketika Anda mencolokkan flashdisk ke omputer Anda, lalu tutup jendela "My Computer".
3. Klik start, lalu ketikkan "disk management".
4. Perhatikan bahwa terdapat drive dengan nama "WD_Backup" tetapi tidak memiiki tanda huruf drive. Drive inilah yang nantinya perlu untuk kita tetapkan hurufnya.
5. Klik kanan pada panel drive yang tidak memiliki huruf drive tadi. Kemudian pilih "Change Drive Letter and Paths".
6. Klik "Add" kemudian pilih huruf drive dari daftar huruf yang tersedia (jangan menggunakan huruf "A", "B" atau "C", tetapi gunakan huruf lainnya yang masih tersedia/belum terpakai). Kemudian klik "OK".
7. Kembali ke panel Disk Management jika telah selesai menambahan huruf pada drive yang Anda pilih. Periksalah sekali lagi bahwa drive tersebut telah memakai huruf sesuai dengan huruf yang Anda pilih.
8. Tutup panel Disk Management. Kemudian klik dua kali pada "My Computer" dan lihat bahwa drive tadi sudah muncul dengan memakai huruf sesuai dengan huruf yang telah Anda pilih.

Jika cara memperbaiki flashdisk di atas telah Anda praktekkan dan tetap flashdisk tidak terbaca di komputer Anda, maka ada kemungkinan driver untuk USB belum terinstall. Untuk mengetahuinya, klik "start" dan ketikkan "device manager" di search program and file, lalu tekan "enter". Jika di bagian USB controller terdapat tanda tanya, maka berarti driver belum terinstall, maka install drivernya.
Share on :
Copyright © 2013-2014. Kumpulan Tips Komputer/Support by Blogger