Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer dan Media Penyimpanan Lainnya

Terkadang kita tidak sengaja ikut menghapus file-file penting ketika menghapus file-file yang sudah tidak kita gunakan lagi. Tentunya hal ini akan menjadi masalah jika file-file tersebut terhapus secara permanen dan tidak memiliki backup-nya. Namun Anda tidak perlu khawatir jika Anda mengalami hal seperti ini, karena cara mengembalikan file yang terhapus permanen tadi cukup mudah dengan menggunakan beberpa aplikasi gratis, namun cukup bagus/dapat Anda andalakan untuk mengembalikan file Anda.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara terampuh untuk mengembalikan file-file Anda yang telah Anda hapus secara permananen (atau bisa juga awalnya hanya dihapus/dipindahkan ke recycle bin dan kemudian file yang di sana Anda hapus juga) ialah dengan menggunakan program/aplikasi file recovery. Jenis aplikasi file recovery pun ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih dan Anda gunakan baik itu yang berbayar maupun yang gratisan.

mengembalikan file yang terhapus
Untuk yang gratisan,  Recuva File Recovery merupakan salah satu aplikasi terbaik yang ada saat ini. Aplikasi ini sendiri dapat dijalankan di berbagai sistem operasi windows, mulai dari windows XP, Vista, 7 dan 8. Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mengembalikan file dari berbagai macam jenis media storage lainnya seperti flash disk, cd, hard disk eksternal, memory card, MP3 player, bahkan iPod sekalipun ataupun file yag terhapus dari recycle bin.


Cara menggunakan Recuva File Recovery
1. Download aplikasinya terlebih dahulu di sini (versi installer) atau di sini (versi portable).

2. Jika Anda mendownload versi installer, install terlebih dahulu aplikasinya. Nemun jika Anda mendownload versi portable, extract saja file zip nya.

3. Jalankan aplikasi tersebut.

4. Lalu pilih jenis file yang akan Anda kembalikan. Disarankan untuk memilih jenis file yang spesifik agar tidak memakan waktu yang lama. Namun, jika Anda ragu jenis file yang akan Anda kembalikan tersebut, pilih saja "All Files". Lalu tekan tombol "Next".

5. Lalu pada pilihan "File Locations", disarankan untuk memilih lokasi file yang terhapus sebelumnya secara spesifik untuk menghemat waktu proses scanning nya. Jika Anda ingin mengembalikan file yang terhapus dari media penyimpanan eksternal seperti flash disk,memori card, dll, pilih "on my media card or iphone", dan pastikan media penyimpanan eksternal tersebut telah terhubung ke komputer Anda. Jika Anda tidak yakin tempat spesifik dari file sebelum file tersebut dihapus, pilih saja "i'm not sure". Kemudian tekan tombol "Next".

6. Pada jendela berikutnya, centan pilihan "Enable Deep Scan" untuk mendapatkan hasil scanning yang lebih akurat. Proses scanning akan memakan waktu yang cukup lama.

7. Jika hasil telah muncul, klik tombol "switch advanced mode" untuk lebih memudahkan pemilihan file yang akan di kembalikan. Anda juga dapat menggunakan tool-tool yang disediakan untuk mempermudah proses pencarian file yang ingin dikembalikan. Kemudian tandai semua file yang ingin Anda recovery/kembalikan, dan klik tombol "Recover...".

Penting:
- Penggunaan aplikasi merupakan salah satu cara mengembalikan file yang terhapus permanen terbaik, namun tingkat keberhasilannya juga tergantung dari rentang waktu penghapusan dengan penggunaan aplikasi ini.
- Aplikasi file recovery apapun itu akan berkurang tingkan keberhasilannya, jika space yang sama dari file yang terhapus sebelumnya di hard drive telah terisi oleh file yang lain.
- Jika di antara rentang waktu file dihapus hingga Anda menjalankan aplikasi ini Anda melakukan defragment di komputer Anda, maka akan memperkecil kemungkinan file yang terhapus tersebut ditemukan.
Share on :
Copyright © 2013-2014. Kumpulan Tips Komputer/Support by Blogger