Cara Mengunci Folder pada Windows XP, Vista, 7 dan 8

Sebenarnya ada banyak cara mengunci folder di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, baik itu menggukan script yang disimpan di file batch (membaut password untuk folder yang akan dikunci), merubah settingan scurity di pada folder tertentu, atau menggunakan software yang khusus unutk mengunci folder. Namun dari beberapa cara tersebut, menurut penulis cara yang paling efektif ialah dengan menggunakan software, kemudian dengan merubah settingan scurity, dan terakhir tingkat keamanannya yang paling mudah dibobol ialah dengan membuat passoword pada folder (dengan menggunakan script yang banyak dijelaskan di tutorial-tutorial yang beredar di internet).

Berikut akan penulis jelaskan terlebih dahulu alasan pemilihan tingkat yang dijelaskan tadi:
1. Jika menggunkan software, orang yang akan membuka folder tersebut (baik dari orang yang memiliki akses langsung ke komputer anda ataupun dari orang yang mencoba menghack folder tersebut lewat jaringan LAN) harus meng-unistall software tersebut terlebih dahulu. Dan tentunya untuk mempersulit meng-uninstall aplikasi tersebut, Anda tinggal menginstallnya di folder yang  installasi aplikasi tersebut di folder administrator di C.

2. Jika merubah settingan scurity, hanya orang dengan level keahlian komputer menengah ke atas saja yang bisa membuka folder yang terkunci tersebut.

3. Menggunakan script (memberikan password) yang banyak dijelaskan di postingan banyak blog, cara membobol nya pun sangatlah gampang, tinggal buka .bat file dengan cara klik kanan > open, maka orang lain akan tau passwordnya dan bahkan dapat mengubah password nya dengan gampang. Dan masih banyak kekurangan lainnya seperti yang di bahas di sini.

Oleh karena itu, pada artikel ini hanya akan dijelaskan cara mengunci folder dengan 2 terbaik di atas saja.

Cara Mengunci Folder


Cara Mengunci Folder dengan Merubah Settingan Scurity


1. Klik kanan pada folder yang akan Anda kunci (jika foldernya banyak, masukkan ke dalam satu folder terlebih dahulu), klik properties.

2. Lalu klik tab ""scurity" kemudian tekan tombol "edit".

3. Lalu pilih user/administrators (jika di komputer Anda terdapat pilihan login khusus untuk user lainya, maka pilih user. Jika di komputer Anda hanya memiliki pilihan login administrators saja, pilih administrators), dan centang semua kolom deny.

4. Klik "apply" (pada tiap jendela dialog yang muncul klik "continue"), lalu klik "ok".

Cara Mengunci Folder Menggunakan Software


Jika Anda memilih menggunakan software, Anda bisa mencoba menggunakan Folder Protector. Selain gratis, software ini juga merupakan software portable sehingga Anda tidak perlu menginstallnya terlebih dahulu, untuk menggunakannya Anda tinggal langsung menjalankan file .exe nya.
Donwload Folder Protector untuk Windows Vista, 7 dan 8
Download Folder Protector untuk Winows XP

Berikut langkah-langkah cara menggunakannya:
1. Jalankan file programnya (file .exe), kemudian ketika pertama kali Anda menggunakannya, ketikkan password di 3 baris yang muncul yang akan Anda gunakan dalam mengunci folder di komputer Anda (usahakan untuk disimpan pawordnya, agar memudahkan Anda ketika lupa password nya di kemudian hari kelak). Kemudian tekan enter.

2. Setelah memasukkan password, program ini akan membuka folder bernama "SecuredFILES". Folder ini merupakan folder proteksi Anda.
3. Masukkan semua file/folder yang ingin Anda proteksi ke dalam folder ini. Folder ini sendiri akan secara otomatis terletak di Desktop. Setelah menambahkan semua file/folder Anda, tutup folder "SecuredFILES" ini.

4. Lalu, untuk memproteksinya, jalankan lagi aplikasi Folder Protectornya, lalu ketikkan lock pada baris "Select An Actions" kemudian tekan enter dan ketikkan Y di baris berikutnya, lalu tekan enter kembali, dan jika proses telah selesai tutup kembali jendela aplikasinya. Maka folder Anda akan menghilang dan tersimpan di dalam Folder Protector.

5. Untuk membuka folder yang terproteksi sebelumnya, jalankan lagi aplikasi Folder Protector, kemudian ketikkan perintah "unlock" kemudian tekan enter, lalu masukkan password Anda + tekan enter. Setelah selesai tutup jendela aplikasinya.

Demikianlah cara mengunci folder pada Windows XP, Vista, 7 dan 8. Semoga dapat membantu Anda, dan jika masih ada yang belum jelas dapat bertanaya melalui kolom komentar di bawah atau langsung hubungi lewat email.
Share on :
Copyright © 2013-2014. Kumpulan Tips Komputer / Support by Blogger