5 Tips Jitu Cara Memilih Laptop Baru yang Baik dan Benar

No comment 55 views

Dalam membeli laptop saat ini bukan hal yang dapat dilakukan dengan mudah, dikarenakan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Anda tentunya perlu mengetahui cara memilih laptop yang jitu, sehingga Anda bisa mendapatkan seperangkat laptop sesuai dengan kebutuhan, budget dan tentunya tidak akan merugikan Anda di kemudian hari.

 

Tips Cara memilih laptop

 

1. Kumpulkan informasi mengenai laptop yang akan Anda beli terlebih dahulu.
Sangatlah bijaksana sebelum memutuskan model tertentu untuk terlebih dahulu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Misalnya tentang kualitas, jangka waktu garansi, layanan after sales service, keberadaan service center dari brand laptop yang akan Anda beli, sampai harganya.

Kumpulkan dulu semua informasinya, Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu ke teman-teman Anda yang sudah pernah memiliki jenis laptop yang sama dengan laptop yang ingin Anda beli, bagaimana kualitas laptop tersebut, apakah cepat rusak, cepat panas atau apapun itu tentang kelebihan dan kekurangan laptop tersebut saat telah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini Anda perlukan karena walau spesifikasinya bagus sekalipun, pasti setiap laptop yang sejenis memiliki kekurangan yang sama, dan hal ini hanya dapat Anda ketahui dari orang yang pernah menggunakannya. Jangan sampai ketika Anda telah membelinya baru Anda menyesali kekurangan laptop tersebut, yang seharusnya Anda dapat mengetahuinya sebelum membeli laptop tersebut.

Selain itu untuk informasi mengenai jangka waktu garansi, layanan after sales service, keberadaan service center dari brand laptop yang akan Anda beli, sampai harganya melalui review-review produk yang bisa Anda telusuri di internet atau bertanya langsung di toko-toko penjual laptop. Hal ini perlu Anda ketahui karena pasti terdapat kemungkinana laptop Anda rusak saat Anda menggunakannya. Nah untuk itu dengan jangka waktu garansi yang panjang, berarti dalam jangka waktu tersebut setidaknya Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menservice laptop Anda. Untuk itu Anda juga harus tahu juga layanan after sales servicenya, jenis-jenis kerusaknan seperti apa yang dapat dilakukan klaim garansi, serta kemudahan klaim garansinya. Semakin baik dan lengkap layanan after sales servicenya, tentunya akan lebih menguntungkan kita. Dan yang terakhir tentu saja letak keberadaan service centernya, jika di kota tempat Anda tinggal tidak terdapat service centernya, tentu saja percuma jangka waktu garansi yang panjang dan layanan after sales service yang lengkap, karena Anda tentunya akan menemukan kesulitan harus keluar kota hanya untuk memperbaiki laptop Anda.

2. Pertimbangkan Ukuran Layar Monitor
Cara memilih laptop berikutnya ialah pertimbangkan ukuran monitor. Apakah ingin layar/monitor yang active-matrix atau layar dual scan. Jika menginginkan kualitas gambar yang lebih baik monitor active-matrix jelas lebih baik dari dual scan, akan tetapi harganya lebih mahal dibandingkan layar dual-scan.

3. Perhatikan ukuran dan bobot laptop
Perhatikan ukuran dan bobot laptop. Hal ini perlu dipertimbangkan karena anda yang akan sering membawa-bawa laptop ini. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan kenyamanan anda apalagi ketika harus membawa-bawa laptop tersebut kemana-mana. Belum lagi perangkat tambahan lainnya.

4. Perhatikan kenyamanan saat menggunakan keyboard dan touchpad
Perhatikan kenyamanan saat menggunakan keyboard dan touchpad. Jika dilihat sekilas, tampak sepele dan sama saja antara merk yang satu dengan yang lain, akan tetapi ketika digunakan, masing-masing merk akan memberikan kenyamanan tersendiri saat digunakan.

5. Perhatikan daya tahan baterai
Jangan lupa untuk memperhatikan daya tahan baterai saat laptop tersebut digunakan. Tanyakan bagaimana dengan garansinya.

Demikian cara memilih laptop yang baik dan benar yang dapat penulis berikan. Semoga tips yang telah saya jelaskan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

>