Cara Hack Facebook Orang Lain dan Bagaimana Cara Mencegahnya

17 views
cara hack facebook orang lain
Pada artikel berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara hack Facebook orang lain yang biasanya digunakan oleh para hacker. Namun yang perlu Anda perhatikan, dalam artikel ini tidak akan dijelaskan secara detail bagaimana cara melakukan hack facebook, akan tetapi hanya cara kerjanya secara garis bear. Karena artikel ini lebih bertujuan untuk memberikan pembelajaran bagaimana proses hacking facebook biasanya dilakukan sehingga Anda dapat mengambil tindakan untuk menghindari akun Facebook Anda dihack oleh orang lain.

Cara Hack Facebook Orang Lain 

1. Phishing Attack

Cara hack facebook yang pertama ialah dengan melakukan phishing. Phishing merupakan metode yang paling banyak dilakukan para orang iseng untuk ngehack akun Facebook. Phishing sendiri merupakan suatu tindakan curang untuk mendapatkan informasi-informasi penting dari orang yang menjadi target seperti username, password dan rincian kartu kredit.

Pada umumnya terdapat beberapa metode phishing yang biasa dilakukan seperti dengan menggunakan fake website dari sebuah webste yang terpercaya, di mana calon korban diminta mengisikan data-data pentingnya di form yang telah disediakan di fake website tersebut seperti email, ussername, password, dll. Biasanya calon koran digiring ke fake website tersebut dengan menggunakan tautan link di email. Atau bisa juga dengan cara memberikan pesan bahwa untuk menjaga keamanan akun kita, kita diminta untuk mengganti ussername dan password melalui link yang telah mereka berikan ke fake website milik mereka, dan tentunya sebelum mengganti kode keamanan kita diminta untuk mengisi ussername dan passwod yang lama terlebi dahulu.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Biasanya email phishing ini memerintahkan kita untuk melakukan hal-hal seperti berikut:

  • Meminta verifikasi dengan cara mengirimkan data email, ussername, password dan data penting lainnya melalui email (data verifikasi tersebut diminta untuk dikirim ke alamat email yang mereka tentukan). Hal ini tentu tiak benar, karena situs yang sah seperti Facebook tidak akan pernah meminta Anda untuk mengirim password, nama login, atau informasi pribadi lainnya melalui e-mail.
  • Meminta Anda untuk mengklik link yang ditautkan di email. Untuk berjaga-jaga, sebelum Anda mengklik link yang diberikan, arahkan dulu kursor ke link yang diberikan, lalu lihat keterangan link yang biasanya akan muncul di bagian pojok kiri bawah browser Anda, jika keterangan yang muncul berbeda dengan keterangan link yang diberikan (contoh di ing yang diberikan bertuliskan facebook.com, namun di keterangan bertuliskan fakefacebook.com), berarti dapat dipastikan link tersebut adalah link phishing.

2. Dengan Menggunakan Keyloggers
Cara hack Facebook berikutnya ialah dengan menggunakan keyloggers, keyloggers merupakan salah sau aplikasi yang berfungsi untuk mencatat semua ketikan pada keyboard komputer dan kemudian secara otomatis akan tersimpan di log file, nah log file inilah nantinya yang akan digunakan oleh hacker untuk memperkirakan username dan password Anda. Keyloger ini bisa dapat digunakan dengan mengisntal secara langsung di komputer korban atau di komputer warnet, atau bisa juga disisipkan ke dalam program yang di share secara gratis di internet dan ketika calon korban menginstall program yang baru mereka download, secara langsung keyloggers juga akan terinstall di komputerya.

3. Dengan menghack Email utama
Cara ini, sedikit berbeda dengn cara hack facebook sebelumnya, karena dengan cara ini, hacker menghack email korban terlebih dahulu, dan setelah itu, hacker akan menghack password dengan menggunakan fasilitas "Forgot password"  yang diberikan oleh Facebook. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan Gmail sebagai email utama Anda, sebaiknya manfaatkan fitur pengiriman kode ke amanan ke hp Anda setiap kali login ke akun Gmail.

3 cara hack Facebook orang lain di atas meupakan metode yang paling sering digunakan oleh hacker untuk menghack akun Facebook seseorang. Oleh karena itu dengan mengetahui caranya, penulis berharap agar Anda dapat selalui waspada, karena jika akun Facebook Anda di hack bukan berarti itu hanya ulah rang iseng saja, bisa jadi akun Anda akan dimanfaatkan untuk kejahatan apapun atau bisa juga untuk mengambil semua informasi penting Anda yang terdapat di akun Facebook Anda.

>