Cara Membuat File ISO dari CD atau DVD dengan Menggunakan BurnAware

126 views

cara membuat file iso

Sebenarnya cara membuat file ISO dari sebuah CD atau DVD cukup mudah, karena banyak software gratis yang disediakan oleh para developer software saat ini. Ini merupakan cara yang praktis dalam membuat sebuah backup penting dari CD atau DVD Anda, terutama untuk membackup software-software penting. Dan lebih terutama bagi para pecinta netbook, Anda sangat membutuhkan backup CD atau DVD installasi windows.

Dengan mem-backup CD ata DVD installer Anda dengan menjadikannya sebuah file ISO, akan memudahkan Anda dalam hal penyimpanan, karena ISO image merepresentasikan dari CD atau DVD itu sendiri dengan menjadi sebuah file tunggal. Tentu berbeda jika Anda mem-backup software-software Anda dengan menjadikannya sebuah file atau folder biasa, akan banyak terdapat file-file di dalam satu folder backupan dari sebuah software. Selain itu, juga akan memudahkan Anda jika Anda ingin mentransfernya ke dalam CD atau DVD lagi.

Windows sendiri tidak membangun atau menyediakan fasilitas untuk membuat ISO image. Oleh karena itu, untuk membuat ISO image Anda membutuhkan / perlu sebuah program yang bisa membantu Anda dalam membuat ISO image tersebut. Untuk itu, sedikit banyaknya Anda perlu tahu cara menjalankan program yang akan Anda gunakan. Pada artikel ini, akan dijelaskan cara membuat file ISO dengan menggunakan sebuah program yang bernama BurnAware.

 

Cara Membuat File Iso Menggunakan BurnAware

 

1. Download BurnAware free terlebih dahulu, free software yang dapat membuat ISO image dari semua jenis CD dan DVD. Walaupun gratis, software ini sangat powerfull. Software ini sendiri dapat dijalankan di Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, bahkan Windows 2000 dan NT, sertan mendukung sistem operasi 32-bit dan 64-bit.

2. Install BurnAway yang telah Anda download sebelumnya.
catatan: saat installasi dilakukan, Anda akan diminta untuk menginstall toolbar browser dari AVG, namun jika Ana tidak menginginkannya, Anda dapat melewatinya dengan memilih "custom installation" dan memastikan ketiga kotak dicentang semuanya.

3. Jalankan BurnAware yang telah Anda install tadi.

4. Setelah BurnAware terbuka, klik "copy to image".
Tips: Di sebelah "copy to image" terdapat tool "make ISO". Tool "copy to image" digunakan untuk membuat ISO image dari CD atau DVD, sedangkan tool "make ISO" digunakan untuk membuat ISO image dari file di dalam hard drive atau flash drive.

5. Untuk source atau sumbernya, pilih optical disc drive yang akan Anda gunakan.

6. Klik Browse...

7. Arahkan ke tempat di mana Anda akan menyimpannya, kemudian buat nama filenya, lalu klik save.
Penting untuk diperhatikan, jika Anda berencana membuat file ISO yang akan digunakan untuk installasi windows, jangan langsung di simpan di flash drive karena tidak akan bekerja ketika akan digunakan dalam installasi netbook / notebook / PC Anda. Simpan dulu di hard drive baru kemudian dipindahkan ke flash drive dengan cara-cara tertentu khususnya.

8. Masukkan CD atau DVD yang akan Anda bikin file ISO nya ke dalam drive optik yang telah Anda pilih sebelumnya pada langkah no.5.

9. Klik Copy
Catatan: jika Anda baru memasukkan CD atau DVD setelah menjalankan programnya, ada kemungkinan CD atau DVD Anda tidak terbaca, hal ini mungkin dikarenakan spin-up disk dalam drive optik Anda belum selesai sehingga Windows belum dapat membacanya, jika terjadi hal demikian, klik oke dan jalankan lagi programnya dari awal. Dan pastikan CD atau DVD yang Anda masukkan tidak rusak dan dalam keadaan bersih.

10. Tunggu sementara ISO image dibuat dari CD Anda.

11. Jika proses telah selesai, akan muncul pesan "copy process completed successfully".

12. Tekan "oke" pada pesan yang muncul tersebut.

Tips :
1. Anda hanya dapat membuat ISO image dari disc yang disupport oleh optical drive Anda. Misalnya, optical drive Anda hanya support CD, maka Anda hanya dapat membuat ISO image dari CD.

2. Sebenarnya cara membuat file ISO, tiak hanya dengan melalui cara atau dengan menggunakan program yang dijelaskan di atas, Anda juga dapat menggunakan program-program lainnya seperti ImgBurn, ISO Recorder, Ultra ISO dan lain-lain.

Catatan:
- Dalam cara membuat file ISO di atas, waktu yang dibutuhkan dalam membuat file ISO bisa jadi hanya cukup dalam hitungan menit atau bisa juga dalam hitungan jam, tergantung dari besarnya file CD atau DVD Anda dan kecepatan dari komputer Anda.
- Dengan adanya file ISO akan memudahkan anda dalam melakukan install windows 7 dengan flashdisk, install windows 8 dengan flashdisk, maupun install windows xp dengan flashdisk.

Referensi:

http://pcsupport.about.com/od/software-tools/a/create-iso-image-file.html

>