Cara Mempercepat Booting Windows XP Lewat Registry

36 views

Windows XP adalah salah satu OS kebanggan Microsoft yang “dinyatakan” sebagai OS tercepat, namun ada satu hal yang mungkin dapat membuat kita bosan yakni proses Booting. Booting pada OS ini memakan waktu yang cukup lama karena terdapat layanan Microsoft yang dijalankan secara otomatis oleh system dan layanan ini bekerja tanpa kita sadari karena bersifat background activity. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas cara mempercepat booting windows xp lewat regestry. Untuk mempercepat booting kita bisa mematikan beberapa layanan, apalagi jika PC tidak terhubung dengan Internet atau jaringan. Adapun layanan-layanan yang bisa dimatikan tersebut antara lain :

1.Alerter

2. Background Intelligent Transfer Service

3. Clipbook

4. Error Reporting Service

5. Fast User Switching

6. Indexing Service

7. IP SEC

8. Messenger

9. Net Logon

10. Network DDE

11. Performance Logs and Alerts

12. QOS RSVP

13. Remote Desktop Help Session

14. Remote Registry

15. Routing & Remote Access

16. SSDP Discovery Service

17. TCP/IP NetBios Helper

18. Telnet

19. Upload Manager

20. Web Client

21. Wireless Zero

22. WMI Performance Adapter

Untuk mengatur layanan di atas, klik [Start] > [Settings] > [Control Panel] lalu buka [Administrative Tools]. Kemudian pilih icon [Services]. Pada jendela Service, kita dapat melihat layanan yang sedang berjalan atau tidak. Untuk mematikan layanan yang kita pilih, klik kanan pada layanan tersebut dan pilih [Stop].

Dan sedikit tambahan, bagi Anda para pengguna windows 7, cara mempercepat booting nya dapat Anda baca di cara mempercepat booting windows 7.

Referensi:
http://www.pcmag.com/article2/0,2817,1768883,00.asp

>