Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer dan Media Penyimpanan Lainnya

mengembalikan file yang terhapus permanen
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen - Penghapusan terhadap file-file di drive komputer maupun di media-media penyimpanan seperti flashdisk, harddisk, meory card, dll merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Hal ini biasanya kita lakukan karena file-file tersebut kita aggap tidak berguna lagi. Namun terkadang terdapat juga beberapa file yag ikut terhapus dikarenakan ketidak sengajaan. Tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah besar jika file tersebut masih tersedia di recycle bin (untuk file yang terhapus dari drive komputer) karena masih bisa di restore kembali.

Namun jika file tersebut telah terhapus secara permanen ataupun file-file yang terhapus dari berbagai media penyimpanan eksternal lainnya tentunya memerlukan cara tersendiri untuk mengembalikannya. Oeh karena itu, pada tutorial ini akan dijelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ambil / lakukan guna mengembalikan file-file Anda yang sebelumnya telah terhapus / tidak sengaja terhapus secara permanen (atau telah terhapus juga dari recycle bin) di komputer dan media penyimpanan eksternal lainnya.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen


Dalam tutorial ini, akan dijelaskan cara menggunakan 2 software yang merupakan software yang sangat power full dengan tingkat sukses pendeteksian file nyaris 100% mampu mendeteksi semua file yang telah terhapus sebelumnya.

Metode 1: Recuva File Recovery
1. Download, lalu jalankan di komputer Anda. Jika Anda ingin mengembalikan file yang terhapus dari media penyimpanan eksternal, hubungkan terlebih dahulu media penyimpanan tersebut ke komputer Anda.

2. Pilih jenis file yang ingin Anda kembalikan. Klik "next".

langkah 1

3. Pilih lokasi penyimpanan file yang terhapus sebelumnya. Jika Anda lupa tempat penyimpanannya, pilih pilihan "i'm not sure". Klik "next".

langkah 2

4. Centang "enable deep scan" untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Klik "Start".

5. Proses scan akan berlangsung selama beberapa detik atau menit, tergantung dari seberapa besar lokasi scan nya.

6. Setelah proses scan selesai, maka akan muncul daftar file-file yang sebelumnya telah terhapus yang dapat Anda kembalikan lagi. Tandai file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik tombol "recover" untuk mengembalikan file tersebut. Dan file yang Anda kembalikan tersebut akan kembali ke lokasi semula sebelum file tersebut dihapus.

langkah 3

Metode 1: Menggunakan Tuneup Utilities 2014
1. Download, install dan jalankan aplikasinya di komputer Anda.

2. Hubungkan media penyimpanan eksternal ke komputer jika Anda ingin mengembalikan file dari media tersebut.

3. Buka tab "fix problem", lalu klik tombol "restore deleted files".

langkah 4

4. Tandai, drive tempat penyimpanan file yang terhapus tersebut sebelumnya. Klik "next".

langkah 5

5. Centang "show only files in good condition" untuk menampilkan hasil hanya untuk file yang tidak terinfaksi virus. Klik "next". Anda juga dapat mencari file dengan kriteria khusus misalnya .doc, .jpg, dll dengan mengetikkannya di kolom "enter search term", untuk mempermudah dan mempercepat proses scan.

langkah 6

6. Proses scan akan berlangsung selama beberapa menit. Ketika hasil telah muncul, tandai file yang ingin Anda kembalikan, klik "restore", lalu pilih lokasi tempat pengembalian file (pilihan pertama untuk lokasi file sebelum dihaus, pilihan ke dua Anda dapat memilih lokasi pengembalian file secara spesifik). File Anda telah berhasil dikembalikan

langkah 7

Demikainlah tutorial cara mengembalikan file yang terhapus permanen yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga bermanfaat.

Peringatan:
Harap berhati-hati dan teliti sebelum me-recovery atau mengembalikan file, pastikan file tersebut aman serta tidak dihapus atau terhapus karena terinfeksi oleh virus.

>